Copyright (c) 2012 Scoopy Modification. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 November 2011

HotRod Mexicano Style


HondaScoopy 2010 (BANDUNG)




Jika membicarakan konsep hot rod di mobil yang dipindahkan ke skubek, Honda Scoopy ini contoh paling top. Segala aspek yang menjadi ciri dan identitas hot rod sukses diaplikasi.  


Genre yang diambil adalah Mexicano Style. "Alasanya karena tampilan kaum chicano seperti itu menarik dengan detail dan perpaduan warna-warni yang menarik," tegas Susanto Gunawan alias Yayank, pemilik sekaligus modifikator.
 

Pria yang mengibarkan bendera 909 Hot Matic ini tidak melakukan pemunduran sumbu roda belakang. "Hanya digeser supaya lurus dengan roda depan. Hal itu karena sekarang menggunakan pelek custom 6 inci di belakang," bilangnya. 

Memang dengan pelek custom lebar, bentuk bodi Scoopy yang sudah montok, kini menjadi lebih padat. Cocok dengan aksen hot rod yang diidamkannya.Tinggal melakukan customizing pada bodi.


"Misalnya di bagian depan. Lampu dicopot dan dibuat semacam grill dengan warna hitam gelap. Persis tongkrongan mobil di sana," ujar ayah dua anak ini sambil bilang kalau di balik grill tadi sengaja dibiarkan kosong.





Posisi lampu utama sekarang ada di sepatbor depan sehingga menghasilkan bentuk unik. "Lampu itu sudah dilengkapi projector,. Jadi kalau menyala, bentuknya sangat menarik," promo Yayank yang selalu tampil trendy khas Bandung.

Hal lain yang menguatkan konsep tadi ada pada pemilihan motif airbrush. "Nama motif itu mexicano free flow, karena lama di pengerjaan cat, jadi telat ikut MOTOR Plus Skubek Contetzt," sesalnya.
 

Memang jika diperhatikan, motif ini pastilah tidak bisa sebentar membuatnya. Detail yang ingin ditampilkan memang sangat komplek. Selain itu ada juga efek gradasi di beberapa bagian.

"Satu hal lagi yang unik adalah penggunaan kayu jati untuk pelapis dek. Pemasangan kayu itu memang sudah sesuai dengan gaya mobil hot rod di Amerika," ujar builder yang juga gemar tatoo.




RIGID Tetap Nyaman

Urusan sok belakang, Yayank memilih menggunakan sistem rigid. Artinya tidak ada jarak main di sok belakang. "Sok dibuat ulang menggunakan besi duralium," katanya.
 

Dia lebih memilih rigid seperti itu untuk menghindari ambles dan ditakutkan malah bisa saja bodi mentok dengan ban. Sebab sekarang sudah menggunakan pelek ekstra lebar.
 

"Tapi, biar tetap nyaman dinaiki, jok dibuat bisa main. Di bawah jok diberi per sehingga pinggang enggak bakal sakit akibat pemilihan suspensi rigid tadi," cerita pemilik bengkel dari Jl. Cihampelas, No. 187, Bandung.
 

Jok atau alas pantat juga dibikin jadi sangat menarik. Yayank menggunakan bahan kulit dengan bentuk lebar. Selain itu, juga diberikan semacam ukiran. Ini yang disebut total sampai ke detail. Konsep hot rod jadi mantap!
 

 DATA MODIFIKASI
Pelek depan: Custom 4x14 inci
Ban depan: Swallow 120/60-14
Pelek belakang: Custom 6x14 inci
Ban belakang: Swallow 140/60-14
Bodi: Custom
Knalpot: Custom
Jok: Custom
909:             0813-2213-0168       
Penulis : Nurfil | Teks Editor : Nurfil | Foto : Indra GT
waroengkopikoe

0 komentar:

Poskan Komentar